Bongko Khas Arosbaya Jadi Takjil Favorit

Bongko Khas Arosbaya Jadi Takjil Favorit
Salah satu varian rasa bongko Arosbaya © scontent-sea1-1.cdninstagram.com

Bongko merupakan makanan khas Desa Arosbaya, Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan. Makanan berbentuk bubur ini biasanya hanya dijual di sekitar desa tersebut. Namun di bulan Ramadhan bongko banyak dijual hingga ke luar Arosbaya bahkan jadi favorit warga.

Sejumlah bazar takjil yang digelar di Bangkalan membawa berkah bagi pembuat dan penjual bongko. Sebab, mereka bisa berjualan di bazar-bazar tersebut. Harga yang dipatok untuk sebungkus makanan berbentuk bubur itu Rp 3.000 – Rp 5.000.

Salah seorang warga Bangkalan mengaku senang ada yang menjual bongko di bazar takjil yang ada di depan Pendapa Bupati Bangkalan tersebut. Menurut dia bongko hanya bisa dibeli di Arosbaya jika tidak sedang bulan Ramadhan. “Kalau Ramadhan tidak perlu jauh-jauh ke Arosbaya untuk bisa menikmati bongko ini,” ujarnya.

Berbicara tentang kuliner tentu bukan hal tabu di telinga masyarakat Madura dan sekitarnya. Berbagai macam kuliner yang ada di Desa Arosbaya cukup banyak. Namun yang menjadi idola dan makanan khas desa itu adalah bongko.

Kemasan khas bungko © cpcdn.com

Makanan ini berbentuk seperti bubur namun bentuk pengemasan Bongko ini menjadi ciri khas yang berbeda. Resep bongko diperoleh secara turun temurun. Diberi nama bongko karena makanan ini awalnya hanya di jual di rumah-rumah pembuatnya. Dalam bahasa Madura rumah adalah bungko. Berjalannya waktu makanan itu bernama bongko, mirip dengan bungko.

Di hari-hari biasa, makanan khas Arosbaya dijual di pasar tradisional Arosbaya saja. Tapi di bulan Ramadhan bongko dijual hingga Arosbaya oleh pembuatnya sendiri maupun oleh pedagang yang membeli bongko untuk dijual lagi di tempat lain. (*)

Sumber: arosbaya.blogdesa.net

Pilih Bangga Bangga 100%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 0%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 0%
Pilih Terpukau Terpukau 0%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu