Keindahan Surga Tersembunyi Pantai Nanggelan Jember

Keindahan Surga Tersembunyi Pantai Nanggelan Jember
Kindahan Pantai Nanggelan © Traveran

Pernahkah anda mendengar nama Pantai Nanggelan sebelumnya?

Mungkin bagi sebagian dari anda nama tersebut terdengar asing. Namun, tahukah anda bahwa di pantai yang tidak banyak diketahui orang ini tersimpan keindahan alam yang menakjubkan?

Pantai Nanggelan sendiri terletak di Dusun Blater, Kecamatan Tempurejo, Jember. Untuk mencapai pantai ini tidaklah mudah; minimnya petunjuk jalan, ditambah dengan akses jalan yang cukup sulit membuat calon wisatawan merasa kesusahan untuk menjujuki pantai yang satu ini. Dengan kata lain, pantai ini sangat cocok bagi anda yang berjiwa petualang.

Bagi anda yang tertarik untuk mengunjungi hidden paradise yang satu ini, berikut adalah gambaran rute perjalanan yang akan anda lalui.

Setelah melalui 1,5 jam perjalanan dari pusat Kabupaten Jember menuju Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu, anda harus beralih moda transportasi dari kendaraan roda empat ke kendaraan roda dua, dikarenakan rute perjalanan yang melewati Jembatan Ungkalan yang hanya dapat diakses oleh pejalan kaki dan sepeda motor. Barulah setelah sekitar 30 menit perjalanan melalui jembatan ini dan hutan jati milik Perum Perhutani, anda akan sampai di Dusun Ungkalan.

Perjalanan menuju Pantai Nanggelan masih belum usai. Anda masih harus mendaki sebuah bukit dengan kontur jalan yang menanjak sebelum akhirnya pemandangan laut yang biru dan hamparan pasir putih mulai menyapa saat anda menuruni bukit.

Keindahan Pantai Nanggelan yang sangat alami, ditambah lagi dengan jumlah pengunjung yang sedikit, membuat pengunjung serasa memiliki pantai pribadi. Pengunjung biasanya datang menjelang malam sembari memasang tenda di bibir pantai yang cukup luas, melihat bintang dan menunggu datangnya pagi.

Keindahan Pantai Nanggelan, sayangnya, tidak didukung oleh infrastruktur yang memadai, sehingga potensi wisata Jember yang satu ini seakan mustahil untuk dijangkau oleh khalayak ramai.

"Saya iri dengan Banyuwangi pemerintahnya peduli sekali dengan pariwisata, ini aja (Nanggelan) masih lebih bagus dengan punya sana (Banyuwangi) kenapa pemerintah Jember diam saja, padahal ini potensi yang bagus, tolong dikasih infrastruktur yang memadai," keluh Jumadi, guide yang sekaligus menjadi anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dusun Ungkalan.

(yog)


Sumber: (Tribunnews.com)

Pilih Bangga Bangga 100%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 0%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 0%
Pilih Terpukau Terpukau 0%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu