Uniknya Berwisata ke Pantai Solong di Banyuwangi

Uniknya Berwisata ke Pantai Solong di Banyuwangi
Tukik, anak penyu yang akan dilepas ke laut lepas © lelungan.net

Pantai Solong menawarkan keunikan yang tidak sama seperti yang ditawarkan oleh pantai – pantai lainnya. Di pantai yang berlokasi di Kelurahan Klatak, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi ini kita akan disuguhkan atraksi spesial yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Di Pantai Solong ini para wisatawan tak hanya dimanjakan dengan indahnya Pantai Solong namun juga membantu dalam pelestarian hewan langka. Banyuwangi Sea Turtle Foundation (BSTF) bekerja sama denga BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) Jawa Timur mengadakan upaya pelestarian Penyu sebagai salah satu hewan yang sangat dilindungi.

"Ada 50 sarang yang dilepas liarkan. Total tukik yang dilepaskan sebanyak 2.250 ekor," ujar Vivi Primayanti, Kepala RKW 14 BKSDA Banyuwangi.

Upaya menyatukan wisata dengan pelestarian ini bertujuan untuk membuat para wisatawan yang datang menjadi semakin peduli dengan lingkungan serta kondisi, tak hanya itu saja pelepasan penyu ini juga bertujuan untuk memperkenalkan satwa langka yang dilindungi Negara ini kepada para wisatawan lokal maupun asing.

Wiyanto Haditanojo, Pendiri BSTF mengaku pihaknya tak hanya mengadakan pelepasan penyu saja, namun juga mengadakan edukasi mengenai penyu – penyu di Indonesia. Tak hanya itu, BSTF juga memberikan informasi mengenai upaya pelestarian yang dilakukan oleh para nelayan dan relawan penyu di Banyuwangi.

Mulyono, salah satu wisatawan di Pantai Solong ini mengaku menjadi lebih tahu mengenai Penyu setelah berdiskusi dengan BSTF. Mulyono berkata bahwa ia menjadi lebih paham mengenai habitat penyu, upaya konservasinya, hingga jenis – jenisnya.

BSTF sendiri mengharapkan dengan adanya wisata edukasi ini dapat membuat para wisatawan memiliki rasa peduli dengan penyum karena semua itu juga demi kelangsungan hewan langka ini di masa depan.

(Win)


Sumber: news.detik.com

Pilih Bangga Bangga 0%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 0%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 50%
Pilih Terpukau Terpukau 50%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu