Banyuwangi Wakili Jawa Timur di Festival Karya Tari Nasional

Banyuwangi Wakili Jawa Timur di Festival Karya Tari Nasional
Salah satu potret mengenai Tari Niskala Seblang, Banyuwangi © brangwetan.com

Banyuwangi terpilih sebagai perwakilan Jawa Timur dalam ajang Festival Karya Tari Nasional yang akan di selenggarakan di Taman Mini Indonesia Indah pada 19 Agustus mendatang.

Karya tari yang terpilih merupakan Tari Niskala Seblang, sebuah karya dari sanggar Tari Umah Seni Kuwung Wetan.

Yusuf Widiyatmoko selaku Wakil Bupati Banyuwangi mengaku merasa bangga melihat Banyuwangi terpilih mewakili Jawa Timur. Menurutnya keberhasilan Banyuwangi ini dikarenakan konsistensi Banyuwangi dalam memberikan ruang eksplorasi untuk perkembangan para senimannya.

Pemimpin sanggar tari Umah Seni Kuwung Wetan, Dwi Agus Cahyono sendiri berkata bahwa sanggarnya juga memiliki banyak prestasi, setelah sebelumnya memenangkan festival karya tari pada tingkat Kabupaten dan Provinsi.

Tari Niskala Seblang ini sendiri diangkat dari sebuah ritual tradisional Seblang Olehsari. Tarian ini sendiri merupakan tarian tolak bala yang biasa diadakan tiap 2 syawal, tarian ini seringkali ditarikan seorang gadis muda dalam kondisi trance selama tujuh hari berturut – turut.

“Kami akan menampilkan koreografi, di mana sosok gadis yang kerasukan roh leluhurnya, akan menari dengan mata tertutup. Ada 9 penari, yang diiringi para pemusik dan sindennya. Penampilan mereka juga akan didukung oleh para penata busana yang handal," kata Dwi.

Seniman – seniman yang terlibat juga merupakan anak – anak asli Banyuwangi yang tengah mengenyam pendidikan di berbagai tempat seperti Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Politeknik Bayuwangi (Poliwangi), dan Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta (STKW) Surabaya. Dwi juga berkata bahwa nanti sanggarnya akan berkompetisi melawan tiga puluh sanggar tari lainnya dari seluruh Indonesia.

(Win)


Sumber: surabaya.tribunnews.com

Pilih Bangga Bangga 0%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 0%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 100%
Pilih Terpukau Terpukau 0%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu