Madura Kibarkan Bendera Terpanjang Untuk Kemerdekaan Indonesia

Madura Kibarkan Bendera Terpanjang Untuk Kemerdekaan Indonesia
Pengibaran bendera terpanjang di Indonesia yang dilakukan oleh mahasiswa baru Universitas Trunojoyo Madura © wartamadura.com

Semangat memperingati hari kemerdekaan dengan mengibarkan bendera secara unik banyak dilakukan di berbagai daerah di Indonesia. Setelah sebelumnya ada Bondowoso dan Bromo dengan bendera mereka, Pulau Madura pun tak mau kalah.

Ribuan mahasiswa baru (maba) Universitas Trunojoyo Madura (UTM) terlihat mengibarkan bendera dengan panjang 7.500 meter atau 7.5 kilometer hasil rajutan mereka sendiri. Bendera dengan lebar 130 meter ini juga telah tercatat di Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai bendera terpanjang.

“Kami mencatat sebagai rajutan dan pembentangan bendera terpanjang di Indonesia,” kata Manajer MURI Ariani Siregar dalam keterangan persnya.

Ariani juga menambahkan, rekor ini berhasil mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Polrestabes Semarang, Polda Jawa Tengah, yakni pengibaran sang saka merah putih dengan panjang 2.3 kilometer.

Tepatnya 3.837 maba dari berbagai fakultas di UTM ini dilibatkan dalam membentangkan bendera terpanjang di Indonesia ini. Diketahui, pengibaran bendera ini merupakan rangkaian dari kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus (PKK) UTM yang digelar pada 13 hingga 17 Agustus 2018.

“Mereka merajut sendiri bendera itu. Ini pertama kali dan menjadi bendera terpanjang di Indonesia,” kata Rektor UTM Bangkalan Dr Muh Syarif.

Ribuan mahasiswa baru ini berbaris rapi membentangkan bendera mulai dari pertigaan jalan Raya Desa Telang, di dalam kampus, hingga ke arah akses menuju Jembatan Suramadu.

“Kami sengaja menyelipkan kegiatan tersebut dalam PKK Maba sebagai wujud dari upaya pembentukan karakter mahasiswa yang berwawasan nasional dan memiliki komitmen kebangsaan yang kuat pula,” terangnya.

Kegiatan semacam ini merupakan kegiatan positif yang bisa menjadi inspirasi bagi seluruh Universitas di Indonesia dalam menyusun rangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus (PKK) bagi mahasiswa baru. Selain dapat mengharumkan nama Universitas itu sendiri, kegiatan positif ini juga bisa membangkitkan rasa bangga dari mahasiswa baru untuk mencintai Universitas itu.

(Rez)


Sumber: tribun news

Pilih Bangga Bangga 0%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 0%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 0%
Pilih Terpukau Terpukau 100%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu