Tari Niskala Seblang Sabet Sekaligus 5 Penghargaan Dalam Ajang Festival Tari Nasional

Tari Niskala Seblang Sabet Sekaligus 5 Penghargaan Dalam Ajang Festival Tari Nasional
Penampilan tarian Niskala Seblang dalam ajang Festival Karya Tari tingkat Nasional 2018 © tribunnews.com

Warga Banyuwangi patut bangga atas budaya dan seni mereka. Pasalnya baru-baru ini, tarian Niskala Seblang yang mewakili Provinsi Jawa Timur dalam Festival Karya Tari Tingkat Nasional ini berhasil menyabet bukan hanya satu, melainkan lima penghargaan sekaligus.

Kelima penghargaan yang mereka peroleh adalah, Penyaji Terbaik Se-Jawa-bali, 5 Penata Tari Unggulan, 5 Penata Musik Unggulan, 5 Penata Rias dan Busana Unggulan, serta 13 Penyaji Unggulan.

“Meski tidak menyabet penghargaan terbaik, namun kami bisa mewujudkan bahwa suguhan kami mampu menyabet predikat unggulan dari total 28 Provinsi yang ikut serta,” ujar Pimpinan Sanggar Umah Seni Kuwung Wetan, Dwi Agus Cahyono pada Selasa (21/08) lalu.

Terlebih lagi, Dwi menjelaskan bahwa tarian yang dibawakan oleh 9 penari ini diadaptasi dari ritual tolak bala yang dilakukan oleh warga Desa Olehsari, Kecamatan Glagah, banyuwangi. Ritual ini digelar pada setiap tanggal 2 Syawal dan dibawakan oleh para gadis muda yang menari dalam kondisi kesurupan selama tujuh hari berturut-turut.

“Meski sempat mengalami beberapa kendala, namun kami masih berhasil memperoleh penghargaan. Kami juga medapatkan hikmah serta pengalaman yang sangat berharga di ajang ini,” tambah Dwi.

Diketahui, tarian Niskala Seblang ini dipilih menjadi wakil dari Jawa Timur dalam ajang Festival Karya Tari tingkat Nasional setelah sebelumnya memenangi ajang Festival Karya Tari di tingkat Kabupaten dan Provinsi.

Sementara itu, buoati banyuwangi, Azwar Anas, mengaku bangga atas prestasi yang ditorehkan warga nya dalam bidang tari ini. Anas juga mengatakan bahwa keberhasilan ini membuktikan bahwa Banyuwangi konsisten dalam memberikan ruang kepada para seniman untuk mendapat apresiasi dari pihak luar.

"Beragam atraksi seni dan budaya terus pemkab kembangkan, dan ikhtiar kami ini mendapat sambutan positif dari seniman. Buktinya, kreasi seniman Banyuwangi terus tumbuh dan terus mencatat prestasi, termasuk Sanggar Umah Seni Kuwung Wetan ini," kata Anas.

(Rez)


Sumber: detik.com

Pilih Bangga Bangga 100%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 0%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 0%
Pilih Terpukau Terpukau 0%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu