Baritan Masal di Desa Balak Banyuwangi

Baritan Masal di Desa Balak Banyuwangi
Acara Baritan Masal yang digelar di Bnyuwangi demi memohon berkah © Tribun Bali

Banyak warga memadati jalanan sekitar Desa Balak, Kecamatan Songgon, Banyuwangi. Banyak warga turut serta dalam selametan kampung yang biasa disebut Baritan Masal atau bersih desa yang digelar pada Kamis, 23 Agustus lalu. Warga sekitar yang berpartisipasi dengan antusias ada menyiapkan jenang merah, tumpeng, dan beragam ancak.

Kepala Desa Balak, Ribut Santoso berkata bahwa Baritan sendiri bermakna Barokah yang kemudian diserap dalam bahasa Using menjadi baritan yang bermakna kata kerja. Kegiatan ini bertujuan untuk memohon berkah dari Yang Maha Kuasa agar kampung selalu damai dan terhindar dari musibah.

Baritan Masal ini sudah menjadi kegiatan tahunan dan mengacu pada sistem kalender Jawa yang mengacu pada pergantian bulan. Acara ini diadakan setiap tahun pada bulan Agustus juga sekaligus memperingati Kemerdekaan Indonesia.

“Kalau pada bulan-bulan biasa, kita menggelarnya dalam skala kecil. Tapi, setiap Agustus kita menggelarnya secara masal. Semua dusun di Balak ini kita kompakkan,” kata Santoso.

Acara tahun ini juga turut dimeriahkan dengan kehadiran orang nomor dua di Banyuwangi, Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widyatmoko. Selama arak – arakan berlangsung Yusuf turut menyapa warga hingga mencicipi ancak yang disuguhkan warga.

“Acara ini menjadi modal penting bagi masyarakat untuk menjaga persatuan dan kesatuan. Serta tetap menjaga kekompakan dan kebersamaan,” kata Yusuf.

Yusuf juga berpesan agar acara Baritan Masal ini dapat dikemas lebih atraktif lagi sehingga tak hanya menjadi sekedar ritual saja namun bisa juga menjadi destinasi budaya favorit.

(Win)


Sumber: surabaya.tribunnews.com

Pilih Bangga Bangga 0%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 0%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 0%
Pilih Terpukau Terpukau 0%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu