Pulau -pulau Terbaik untuk Wisata di Madura

Pulau -pulau Terbaik untuk Wisata di Madura
Pemandangan unik di Pulau Gili Iyang yang merupakan destinasi Wisata Kesehatan dengan kadar oksigen yang tinggi © gonjreng.com
Madura tidak hanya memiliki keragaman seni dan budaya yang menarik, tapi juga memiliki banyak gugusan pulau yang cantik dan layak dijadikan tujuan wisata. Pulau-pulau itu kini telah banyak dikunjungi wisatawan. Penduduk setempat pun mulai punya kesadaran untuk memoles pulau-pulau itu agar makin banyak dikunjungi.

1. Pulau Gili Labak

Yuk, Liburan ke 5 Pulau Gili di Madura yang Masih Asri Iniindonesia-tourism.com

Pulau Labak terletak di sebelah selatan Pulau Madura dan masih menjadi bagian dari Kabupaten Sumenep. Untuk mencapai lokasi ini, travelers harus menyewa perahu nelayan dari pelabuhan di Sumenep. Harga sewanya cukup mahal sehingga disarankan untuk pergi bersama rombongan.

Namun hal ini sepadan dengan keindahan alam yang ditawarkan oleh Pulau Gili Labak. Pasir putih yang lembut mengelilingi seluruh pantai, birunya air laut bisa melepaskan penat travelers. Mengelilingi pulau ini bisa dilakukan hanya dengan jalan-jalan dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Selain berjalan-jalan, kalian juga bisa melakukan snorkeling di sini.

2. Pulau Gili Iyang

Yuk, Liburan ke 5 Pulau Gili di Madura yang Masih Asri Inigonjreng.com

Gili Iyang memiliki kadar oksigen yang tinggi mencapai 27%. Kadar oksigen yang tinggi ini berkontribusi pada panjangnya usia penduduk pulau Gili Iyang.

Di pulau ini terdapat wisata gua, diantaranya Gua Air, Gua Syarifah, Gua Petapa Kelompang, dan Gua Mahakarya. Pulau Gili Iyang memiliki jalur trekking yang cukup terjal. Terdapat beberapa tebing batu yang siap untuk ditaklukkan.

Aktivitas lain yang bisa dilakukan adalah penjelajahan di hutan konservasi ataupun berinteraksi dengan penduduk lokal yang berumur panjang. Pantai di Gili Iyang juga wajib untuk dijelajahi, bisa sekedar jalan-jalan sambil berswafoto, ataupun snorkeling sambil menikmati sunset yang tenang.

3. Pulau Gili Genting

Yuk, Liburan ke 5 Pulau Gili di Madura yang Masih Asri Inidolanjatim.com

Gili Genteng (atau disebut Pulau Genteng atau Giligenting) adalah termasuk di wilayah Kecamatan Giligenteng, Sumenep. Salah satu lokasi yang paling terkenal di pulau ini adalah Pantai Sembilan. Terdapat beberapa spot foto cantik yang bisa memperindah feeds Instagram travelers, nih.

4. Pulau Gili Raja

Yuk, Liburan ke 5 Pulau Gili di Madura yang Masih Asri Inibangsaonline.com

Tidak jauh dari Gili Genting terdapat pulau kecil bernama Gili Raja. Di pulau yang belum banyak mendapatkan akses listrik ini, kamu bisa menjelajahi cukup banyak pantai yang indah dan masih alami. Aktivitas seperti berenang dan snorkeling juga bisa dilakukan di sini karena lautnya masih alami dan memiliki cukup banyak biota laut.

Pulau Gili Raja disebut-sebut memiliki bentuk yang mirip seperti buaya raksasa. Jika travelers melihat pulau ini dari kejauhan, akan terlihat di sisi sebelah timur pulau mirip seperti kepala buaya dan sisi barat mirip seperti ekor buaya.

5. Pulau Gili Pandan

Yuk, Liburan ke 5 Pulau Gili di Madura yang Masih Asri Inijalan2.com

Gili Pandan, merupakan salah satu pulau yang tak berpenghuni dan tercatat pada wilayah administratif Kecamatan Gili Genting. Pulau kecil ini bisa dikelilingi hanya dalam waktu sekitar 10 menit saja.

Terdapat beberapa lokasi yang sengaja dibuat untuk kepentingan fotografi. Selain itu, terdapat pula pasir pantai yang berwarna putih dan halus, air lait yang jernih, ombak yang tenang bisa membantu pengunjung merasa rileks.

Untuk bisa mencapai pulau ini travelers bisa berangkat melalui Pantai Talang Siring di Pamekasan atau melalui Desa Kadura Barat dengan menyewa perahu nelayan. (*/nra)

Source: idntimes.com

Pilih Bangga Bangga 0%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 0%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 0%
Pilih Terpukau Terpukau 0%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu