Gencarkan Kegiatan Bersih-Bersih Lingkungan

Gencarkan Kegiatan Bersih-Bersih Lingkungan
Kegiatan bersih-bersih di Pantai Talang Siring © Yoyonk

Kegiatan World Cleanup Day (WCD) di Madura berjalan dengan sukses. Panitia mencatat ada 619 relawan ikut dalam kegiatan yang dilaksanakan di Pantai Talang Siring, Kabupaten Pamekasan tersebut pada 15 September.

Ketua pelaksana WCD Madura sekaligus founder kegiatan Bersih** Lingkungan, Nur Rahmad Ahirullah mengungkapkan rasa syukurnya atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Menurut dia, kegiatan tersebut akan menjadi salah satu cara untuk membebaskan Madura dari stigma buruk.

"Selama ini masyarakat Madura banyak dicap sebagai warga yang kurang memiliki perhatian pada lingkungan. Kegiatan seperti ini harus sering dan gencar dilakukan agar upaya mengikis stigma itu berhasil," tuturnya.

Pria yang akrab disapa Yoyonk Nara tersebut mengungkapkan, bersih-bersih Talang Siring tersebut terlaksana berkat tim yang solid dan dibantu oleh stakeholder Pemerintah Pamekasan. "Ada kebanggan tersendiri bagi masyarakat di Pamekasan dan di Madura pada umumnya menjadi salah satu titik pelaksanaan WCD di Indonesia. Sebab ini adalah gerakan global yang melibatkan sekitar 350 juta orang sedunia," terangnya.

Yoyonk bersama tim "Bentang Alam" yang terbentuk saat kegiatan Bersih-bersih Pantai di Pulau Mandangin(Sampang) berhasil menggelar kegiatan tersebut dengan waktu yang singkat. "Tapi kami juga banyak dibantu oleh komunitas dan organisasi lingkungan dan nonlingkungan di Pamekasan. Intinya kegiatan ini juga menambah jaringan untuk terus menggencarkan kegiatan cinta lingkungan," ungkapnya.

Yoyonk menyampaikan terima kasihnya pada semua pihak yang mendukung WCD Bersih-bersih Pantai Talang Siring tersebut. Dia berharap persoalan lingkungan terus mempersatukan masyarakat di Madura. "Sampai jumpa di kegiatan bersih-bersih lingkungan selanjutnya," tandasnya. (nra)

Pilih Bangga Bangga 0%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 0%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 0%
Pilih Terpukau Terpukau 0%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu