Mesin Roasting Kopi Canggih Bondowoso yang Siap Bersaing di Pasar Internasional

Mesin Roasting Kopi Canggih Bondowoso yang Siap Bersaing di Pasar Internasional
Keterangan Gambar Utama © times indonesia

Pria asli Bondowoso, Ahmad Niam, yang merupakan seorang penggiat kopi dari komunitas Bondowoso Republik Kopi (BRK) sejak 2013 ini membuat mesin roasting kopi sendiri dan telah menerima pesanan. Usahanya ini akan sangat memperkuat imej kabupaten Bondowoso sebagai Republik Kopi.

Pemuda lulusan Pesantren Nurul Jadid ini memulai mengaplikasikan idenya setelah ia bertemu Herisiya, seorang pembuat mesin roasting kopi canggih lainnya dari Kopiku Indonesia. Dalam pelatihan di Jakarta tersebut, dimana ia dikirim oleh Pemkab Bondowoso, ia mendapatkan penjelasan bahwa kunci nikmatnya kopi ada pada drum yang dipakai pada mesin roasting.

Mesin roasting milik Niam tersebut sudah menggunakan besi stainless steel, dengan tebal 5 mili meter dan menggunakan mikro kontroler. Keunggulan lainnya ialah, mesin ini pada waktu yang telah ditentukan, misalnya pada 180 waktu akhir yang ditentukan, maka apinya mati sendiri, dan kopinya langsung dapat dikeluarkan dari dalam drum. Kecanggihan mesin roasting kopi milik Niam ini membuatnya sejajar dengan mesin roasting kopi canggih lainnya, namun dengan harga yang lebih terjangkau.

Tenaga kerja pun diserap oleh usaha Niam ini, karena semakin banyaknya pemesanan. baru-baru ini pun usahanya dikunjungi oleh turis mancanegara dari Inggris dan Amerika yang secara kebetulan lewat. Turis ini dibuat kagum dan kaget dengan apa yang dilakukan pria lulusan SMA tersebut. Mereka pun berjanji akan kembali untuk menemui Niam, berarti kesempatan mesin roasting kopi Niam untuk merambah pasar internasional semakin terbuka lebar.

Sumber: (www.liputan6.com, www.timesindonesia.co.id)

Pilih Bangga Bangga 50%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 0%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 50%
Pilih Terpukau Terpukau 0%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu