BIG Satukan Silent Power Positif Bangkalan

BIG Satukan Silent Power Positif Bangkalan
Diskusi #NgopiBaik dilaksanakan di cafe Zuka-Zuka Minggu, 30 Desember 2018 © Dok BIG

Menjelang pergantian tahun sedikitnya 50 orang lintas generasi berkumpul. Mereka berdiskusi dengan tajuk “Membangun Asa Resolusi Bangkalan 2019”. Dikonsep ngopi bareng dengan menghadirkan sejumlah elemen masyarakat dan perorangan yang selama ini bergerak di Bangkalan.

Pertemuan itu digelar oleh Bangkalan Ikhtiar Gemilang (BIG) yang dimotori oleh Tofan Nufade. Tujuannya untuk mengajak sejumlah elemen dan perorangan tersebut berkolaborasi melakukan aksi-aksi positif untuk Bangkalan di tahun 2019 dan tahun-tahun selanjutnya.

Sebagai pembicara dalam pertemuan itu di antaranya Humron Maula dari unsur politisi yang kini berprofesi sebagai pengusaha, Hai dari unsur politisi dan aktivis, Anang Sudharto dari komunitas, Aldi dari unsur media, Wira dari kalangan pengusaha, Adam Damanhuri dari unsur akademisi. Sayangnya, perwakilan dari unsur pemerintah tidak hadir.

Saat membuka diskusi itu, Koordinator BIG, Tofan Nufade mengungkapkan kegiatan diskusi sengaja mengundang elemen dan perorangan yang selama ini menjadi silent power (gerakan-gerakan yang sepi dari publikasi). “Maka kita bisa lihat di sini sangat sedikit wajah-wajah lama aktivis Bangkalan yang kita tahu selama ini. Adapun wajah lama adalah mereka yang sudah hijrah. Berpikir positif untuk Bangkalan lebih baik dan tidak nyinyir,” ujarnya.

Diskusi dimulai pukul 21.00 dengan suguhan kopi, hingga pukul 23.30. Para pembicara dan peserta dari komunitas Bangkalan Bisa, Plat-M, PMII, HMI, GMNI, Formula, aktivis lingkungan Expeal, SAE, Ponpes Al Muhajirin, ariyamadura.id, pemuda desa menyampaikan hal-hal positif yang sudah dan terus mereka lakukan.

Resolusi 2019 yang dihasilkan dalam pertemuan itu adalah mempersatukan kelompok-kelompok positif itu untuk mendorong kemajuan Bangkalan. “Akhirnya pertemuan kita tidak bisa menghasilkan rekomendasi untuk pemerintah, tapi justru untuk kita sendiri. Supaya kita bisa berjalan bersama-sama, berkolaborasi untuk mengubah Bangkalan lebih baik lagi,” ungkap Tofan menutup diskusi.

Pertemuan akan berlanjut dan diharapkan bisa mengajak lebih banyak lagi kekuatan positif di Bangkalan untuk berkolaborasi. “Tidak hanya berdiskusi dan berwacana saja, tapi selanjutnya akan melakukan action bersama-sama,” ujar Yoyonk yang memandu diskusi #NgopiBaik Bangkalan Milik Kita Bersama itu. (nra)

Pilih Bangga Bangga 100%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 0%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 0%
Pilih Terpukau Terpukau 0%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu