Percepatan Pembangunan Madura di Awal 2019

Percepatan Pembangunan Madura di Awal 2019
BPWS, radarmadura.jawapos.com

Kabar bahwa program percepatan pembangunan Madura telah disetujui oleh pemerintah pusat tersiar ke seantero negeri. Badan Pengembangan Wilayah Suramadu (BPWS) sebagai pelaksana program tersebut tampaknya sudah sangat bergegas untuk merealisasikannya di awal 2019 ini, salah satunya yakni akses jalan tol.

Pembangunan akses jalan tol ke pelabuhan peti kemas Tanjung Buluh Pandan tertuang dalam dokumen capaian program rencana induk percepatan pengembangan wilayah Suramadu 2015–2018 dan rencana program 2019–2024. BPWS telah merinci pokok-pokok pembangunan jalan tol di Madura.

Akses jalan tol akan dibangun mulai dari jalan raya akses Suramadu menuju Pelabuhan Tanjung Bulu Pandan, Kecamatan Klampis. Panjang jalan tol kurang lebih 15,8 kilometer, dengan lebar jalan 100 meter. Lahan yang dibutuhkan kurang lebih 46 hektare. Program tersebut butuh investasi senilai Rp 2,6 triliun.

Pembangunan jalan tol dan pembangunan Pelabuhan Tanjung Bulu Pandan tidak bisa dipisahkan. Pembangunan jalan tol dan Pelabuhan Tanjung Bulu Pandan harus dilakukan secara simultan atau bersamaan.Pembangunan Kawasan Khusus Madura (KKM) meliputi pelabuhan, kawasan CBD, kawasan industri, dan pergudangan. Pembangunan jalan tol tidak bisa dilakukan BPWS sendirian. BPWS telah menggandeng investor badan usaha milik negara (BUMN), yakni PT Boma Bisma Indra (PT BBI) melalui skenario konsorsium.

PT BBI yang digandeng dalam bidang penataan tersebut, juga akan menggandeng investor lain di setiap pembangunan KKM. Misalnya, pembangunan Pelabuhan Tanjung Bulu Pandan bekerja sama dengan PT Pelindo, untuk bidang pelabuhan. Nantinya, untuk bidang industri, BPWS akan menggandeng BUMN yang bergerak di bidang industri.

PT BBI terus melakukan kajian untuk mendukung program ini, sambil menunggu pembebasan lahan jalan tol. Harapannya, tahun depan program ini 80% sudah harus terlaksana.

Pendekatan dan pendampingan terhadap masyarakat Madura penting dilakukan, agar program ini dapat selaras dengan pembangunan SDM yang ada di Madura. Nantinya semua lapisan masyarakat Madura siap mendukung program ini, demi kemajuan Madura.


Sumber: BPWS, radarmadura.jawapos.com

Pilih Bangga Bangga 67%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 33%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 0%
Pilih Terpukau Terpukau 0%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu