Masyarakat Banyak yang Belum Tahu Alternatif Caleg yang Dapat Dipilih, GNFI Luncurkan KENALI.ID

Masyarakat Banyak yang Belum Tahu Alternatif Caleg yang Dapat Dipilih,  GNFI Luncurkan KENALI.ID
Goodnewsfromindonesia.id

Jakarta, 2 April 2019

Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 akan segera digelar serentak pada Rabu, 17 April 2019 mendatang. Namun ternyata sebagian masyarakat yang diwawancarai secara acak oleh Good News From Indonesia (GNFI) menyampaikan belum tahu siapa saja Caleg yang ada di Dapilnya. Sebagian lainnya bahkan mengatakan belum tahu ia berada di Dapil berapa di daerahnya, sehingga tidak tahu daftar Caleg yang masuk Dapil tempatnya memilih.

Kenyataan ini sangat disayangkan, padahal hingar bingar Pemilu sudah sangat terasa. Namun harus diakui, di permukaan dominasi pembicaraan masih seputar calon presiden dan wakil presiden. Sementara pembahasan soal Caleg masih sangat minim. Masyarakat juga terlihat belum membekali diri dengan informasi yang cukup mengenai Caleg yang akan dipilihnya. Padahal, KPU telah membuka data Caleg untuk diakses oleh publik melalui websitenya.

Inilah salah satu yang melatari Good News From Indonesia (GNFI) meluncurkan kenali.id.

Seperti namanya, kenali.id adalah website untuk mengenali pejabat publik, baik yang dalam proses pencalonan maupun yang sedang menjabat.

“Kenali.id, adalah salah satu usaha untuk memudahkan masyarakat mendapatkan informasi terkait para pejabat publik. Dengan demikian, ketika masyarakat menjalankan fungsinya untuk memberikan suara, ikut mengawasi, hingga memberikan masukan, setidaknya telah didului dengan bekal informasi awal untuk mengenali pejabat publik bersangkutan,” papar CEO GNFI Wahyu Aji.

Namun khusus dalam rangka Pemilu 2019, website kenali.id memfokuskan diri untuk menampilkan profil Calon Anggota Legislatif, sehingga dapat membantu masyarakat untuk mengetahui alternatif calon yang dapat mereka pilih sesuai dengan Dapil masing-masing.

“Kami memulainya pada momentum Pemilu 2019 ini. Di mana masyarakat sebenarnya dihadapkan pada pilihan yang sangat banyak. Total calon anggota legislatif lebih dari 160 ribu orang mulai dari DPR RI, DPRD Provinsi, hingga DPRD Kota/Kabupaten, belum termasuk DPD. Mudah-mudahan dengan website seperti kenali.id ini , dapat membantu para pemilih untuk mempelajari alternatif calon yang tersedia di daerah pemilihannya masing-masing dengan cara yang mudah,” kata Wahyu Aji.

Selanjutnya, pasca Pemilu website kenali.id akan terus dikembangkan untuk menampilkan mereka yang pada akhirnya terpilih menjadi wakil rakyat. Sehingga masyarakat dapat terus mengikuti siapa saja akhinrya yang mewakili mereka dan dapat memeroleh informasi yang terus bertambah di website kenali.id seiring dengan kiprah para wakil rakyat tersebut.

Selain anggota legislatif, kenali.id juga akan digunakan untuk mengenali pejabat publik di berbagai lembaga. Sehingga diharapkan masyarakat memiliki informasi yang memadai tentang rekam jejak tentang siapa mereka dan apa saja yang mereka lakukan untuk kepentingan publik. Kenali.id juga akan dikembangkan menjadi sarana interaksi dua arah antara masyarakat dengan para pejabat publik terkait.

Sebagai negara demokrasi terbesar ke-4 di dunia, kita semua pasti menginginkan kondisi demokrasi yang kian matang, ditandai dengan publik yang dapat berpartisipasi secara cerdas dan memiliki informasi yang memadai. Salah satu informasi yang patut diketahui adalah tentang orang-orang yang menduduki posisi sebagai pejabat publik.

“Kami berharap website kenali.id akan menjadi platform yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat secara luas, sehingga masyarakat dapat berperan secara lebih konstruktif dalam memajukan demokrasi di Indonesia yang semakin sehat dan positif. Inilah mengapa GNFI sebagai gerakan yang selama ini fokus menyebarkan berita-berita baik tentang Indonesia terdorong untuk meluncurkan kenali.id,” pungkas Wahyu Aji.

Tentang GNFI

Good News From Indonesia (GNFI) merupakan platform media dan komunitas yang secara konsisten menyebarkan kabar-kabar baik tentang Indonesia, terutama melalui saluran online www.goodnewsfromindonesia.id dan media sosial. Hal tersebut sebagai upaya menumbuhkan rasa optimisme masyarakat Indonesia terhadap bangsanya, yang dilakukan melalui platform digital maupun kegiatan-kegiatan offline.

GNFI juga mengembangkan produk-produk lainnya dengan tetap berfokus untuk menyebarkan kabar baik. Produk lainnya tersebut adalah: Good News From South East Asia (www.seasia.co), Rekam Indonesia (www.rekamindonesia.id), dan GNFI Network yang merupakan jejaring media lokal penyebar kabar baik di berbagai daerah di Indonesia yang terdiri dari www.ariyamadura.id, www.srivijaya.id, www.ijilampung.com, dan www.benuanta.id.

Pilih Bangga Bangga 0%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 0%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 0%
Pilih Terpukau Terpukau 0%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu