#NgopiBaik 4 BIG, Focus Group Discussion (FGD) Penanggulangan Sampah di Bangkalan

#NgopiBaik 4 BIG, Focus Group Discussion (FGD) Penanggulangan Sampah di Bangkalan
© Taufan BIG

BIG (Bangkalan Ikhtiar Gemilang) melanjutkan tren positifnya dalam menggalang aspirasi dan aksi baiknya untuk kemajuan kota Bangkalan pada minggu malam lalu 31/3. Acara #ngopibaik 4 ini merupakan langkah kongkrit dari acara ngopibaik 3 sebelumnya, yang dilaksanakan di kediaman wakil Bupati Bangkalan. Kegiatan diskusi yang pada waktu itu membahas tentang lingkungan hidup, terutama problematika sampah di kota Bangkalan. #Ngopibaik 3 tidak hanya dihadiri oleh Mohni (wakil bupati Bangkalan) dan teman-teman BIG, tetapi juga kepala dinas kabupaten Bangkalan, kepala dinas lingkungan hidup, camat Kamal, camat Arosbaya, dan beberapa pegawai Dinas LIngkungan Hidup Bangkalan serta aktivis-aktivis lingkungan hidup.

Forum Group Discussion (FGD) dalam acara #ngopibaik 4 ini sejatinya memang berjalan cukup singkat, berbeda dengan beberapa kegiatan BIG dalam ngopibaik sebelumnya, teman-teman yang hadir adalah mereka yang memang concern dan berpengalaman di penanggulangan sampah. FGD yang membagi peserta #ngopibaik menjadi 2 kelompok ini bertujuan untuk merumuskan aksi dari kesepakatan dan rekomendasi di #ngopibaik sebelumnya. Bahkan sebelum FGD, #ngopibaik 3 ini telah berbuah aksi, yaitu aksi bersih-bersih tumpukan sampah bersama di tepi sungai Tambengan, Kecamatan Arosbaya. Hasilnya, jembatan Tambengan sekarang sedah berbenah indah dengan pernak-pernik yang enak dilihat dan berpotensi menjadi spot berswafoto di malam hari. Aksi di Kecamatan Arosbaya yang diikuti oleh teman-teman BIG ini yang membuat perwakilan pemuda dari Arosbaya ikut serta di FGD malam senin lalu.

Rumusan-rumusan aksi #ngopibaik 4 FGD ini tetap menyasar Arosbaya sebagai Kecamatan di Bangkalan yang bersedia menjadi pilot project teman-teman BIG. Adapun aksi-aksi yang dibagi dalam 2 kelompok ini antara lain; Kelompok 1 (Sumber – TPS) 1). Pendampingan Pendidikan ke sekolah-sekolah dan rumah tangga tentang kebersihan dan pemilahan sampah; 2). Praktek tepat guna pemilahan sampah di masing-masing rumah tiap desa di Kecamatan Arosbaya; 3). Pembenahan Tempat Penampungan Sementara (TPS) yang ada di masing-masing desa; dan 4). Pemisahan dan pemilahan kembali sampah di TPS dengan memanfaatkan para warga desa. Sedangkan kelompok 2 (TPS – TPA) fokus pada 1). Pendampingan pengolahan sampah di TPS yang telah dipilah untuk bisa menjadi sebuah usaha kreatif; 2). Membantu penyaluran sampah bukan organik ke pihak-pihak yang telah disepakati; 3). Membantu terjaganya konsistensi masyarakat agar TPS dapat berkembang menjadi TPST (Tempat Pengolahan Sampah Terpadu) dan Rumah Sampah; dan 4). Membantu mencari kemungkinan-kemungkinan kerjasama dengan pihak-pihak tertentu untuk mengembangkan usaha pengolahan sampah ini. Poin-poin tersebut dinilai cukup efektif untuk membantu menanggulangi permasalahan sampah yang ada.

Secara praktis FGD #ngopibaik 4 BIG ini telah melahirkan rencana aksi yang segera akan direalisasikan dalam waktu dekat di Kecamatan Arosbaya, bahkan poin-poin tersebut akan segera disampaikan kepada seluruh kepala desa di Kecamatan Arosbaya. Koordinator BIG, Taufan, langsung duduk Bersama dengan para perwakilan pemuda Arosbaya yang hadir. Bilal, perwakilan pemuda Arosbaya dalam waktu dekat akan mengundang teman-teman BIG ini untuk segera sowan dengan para perangkat Kecamatan dan Desa di Arosbaya. BIG membuktikan bahwa acara-acara ngopibaik yang dilakukan sebulan sekali ini tidak hanya berwacana, melainkan lebih mempersiapkan aksi-aksi untuk perubahan yang ada di Bangkalan. Bravo #ngopibaik, bravo BIG, bravo perubahan ke arah yang lebih baik untuk Bangkalan. (AD)

Pilih Bangga Bangga 0%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 0%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 0%
Pilih Terpukau Terpukau 0%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu