Ayam Penyanyi Khas Kangean, Ayam Bekisar Menjadi Kebanggaan Jawa Timur

Ayam Penyanyi Khas Kangean, Ayam Bekisar Menjadi Kebanggaan Jawa Timur
Keterangan Gambar Utama © Badrul Aini

Secara ilmiah diakui bahwa ayam bekisar merupakan ayam khas Kangean, ayam asli Indonesia yang merupakan hasil persilangan antara ayam hutan hijau (Gallus varius) dan ayam kampung (Gallus gallus domesticus). Ayam bekisar cukup berbeda dengan ayam-ayam asli Indonesia lainnya, terutama yang masuk dalam kategori ayam penyanyi seperti Ayam Kokok Balenggek (Sumatera Barat), yang memiliki suara kokok merdu dan bersusun-susun, serta Ayam Pelung (Cianjur), yang memiliki kokok khas merdu, besar, dan mengalun panjang, Ayam Gagak (Sulawesi Selatan) yang memiliki kokok layaknya orang yang sedang tertawa dengan nada tenor, sopran, bass, dan lain sebagainya. Ayam Bekisar dikenal memiliki kokok melengking dan sangat keras, bahkan suara kokoknya dapat terdengar sampai sejauh 1 mil.

Kokok Ayam Bekisar biasanya berirama, lurus, dan panjang. Para pecinta Ayam yang berinduk pejantan ayam Tarata ini dibagi atas dua bagian, yaitu kokok depan dan kokok belakang. Suara kokok depan memiliki nada rendah, besar, tebal, panjang, dan bersih, sedangkan suara kokok belakang memiliki nada tinggi, tebal, panjang, lurus dan bersih. Namun banyak warga Kangean kurang setuju dengan kategori suara kokok khas Ayam Bekisar ini, karena memang tidak semua hasil breed pejantan yang menjadi varian Ayam kebanggaan pulau tersebut bisa memiliki suara yang berirama, lurus, dan panjang, dan terbagi dalam dua bagian suara tersebut. Mereka juga sangat ingin mengedepankan identifikasi genetik Ayam asli pulau Kangean juga dapat di pertimbangkan menjadi ciri khas Ayam Bekisar.

Ciri khas lain Ayam Bekisar terdapat pada bulunya yang lebih mengkilap dan bentuk kakinya yang kurus dan bersih. Dikenal memiliki warna bulu yang indah dan mewarisi warna bulu indukan betinanya dengan bentuk ujung bulunya yang tidak meruncing seperti pada ayam umumnya, melainkan berbentuk lonjong atau bulat. Bentuk kaki yang kurus (kecil) dan bersih berwarna kuning juga tidak seperti bentuk kaki ayam jantan pada umumnya yang umumnya gemuk (besar), kaki Ayam Bekisar ini mewarisi bentuk indukan jantannya yang umumnya berlarian liar dan bisa terbang dengan mengepakkan sayapnya. Itu mengapa, Ayam Bekisar juga mewarisi bentuk sayap indukan jantannya yang besar (lebar). Meski tidak semua bulu Ayam Bekisar berwarna-warni dan indah, karena ada juga yang berwarna putih. Namun keindahan dan kilap bulunya, bentuk kaki yang kurus, serta suara khas dan merdu menjadi keunikan Ayam Bekisar.

Tidak mudah memelihara Ayam yang mudah stres dan mati ini, karena sejatinya Ayam Bekisar juga mewarisi kebiasaan indukan jantannya yang biasa hidup di alam liar. Diperlakukan seperti burung, digerek ke atas tiang agar merasa seakan-akan terbang, hal ini diyakini dapat membuat status fisiologis Ayam Bekisar berada dalam keadaan yang sangat baik, dan mempengaruhi kualitas suaranya. Perlakuan khusus seperti ini tentunya sejajar dengan nilai filosofis Ayam Bekisar yang memiliki komoditas ekonomi hingga puluhan juta rupiah per ekornya, tidak salah kalau kemudian Pemerintah Provinsi Jawa Timur menjadikan Ayam Bekisar sebagai ikon sebagai fauna khas kebanggaan.

Menjadi fauna ikonis Provinsi Jawa Timur membuat warga Kangean, Kabupaten Sumenep perlu melestarikan bahkan melindungi keberadaan dan populasi Ayam Bekisar. Meski Ayam Bekisar yang asli adalah breed yang dihasilkan secara alami, dan warga Kangean menemukan telur hasil perkawinan ini di hutan pulau Kangean. Sudah sejak lama warga Kangean melakukan persilangan antara pejantan Ayam Tarata dan betina Ayam Kampung asli Kangean untuk budidaya. Usaha budidaya ini juga dilakukan oleh banyak pecinta ayam di Indonesia yang mengawinkan indukan jantan Ayam Tarata, dengan ayam-ayam betina dari daerah lain, seperti Solo, Yogya, Parakan, dan Solok. Pelestarian Ayam Bekisar breed asli milik Kangean penting untuk ditetapkan, dengan menelusuri garis keturunannya melalui ciri-ciri fisik dan suaranya yang indah. (AD)


Sumber: (dari berbagai sumber)

Pilih Bangga Bangga 0%
Pilih Sedih Sedih 0%
Pilih Senang Senang 0%
Pilih Tak Peduli Tak Peduli 0%
Pilih Terinspirasi Terinspirasi 0%
Pilih Terpukau Terpukau 0%

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu